Panduan Lengkap Cara Belanja di Alibaba

Posted on

Cara Belanja di Alibaba – Mungkin anda pernah mendengar tentang Alibaba.com atau bahkan sudah sering berbelanja disana. Bagi yang baru mendengar nama tersebut boleh silahkan langsung melihat-lihat dulu ke tkp : Alibaba.com

Alibaba.com adalah sebuah layanan e-commerce yang berpusat di negara China dengan customer yang berasal dari sekitar 200an negara di seluruh dunia serta berfokus pada B2B e-commerce untuk menghubungkan berbagai jenis usaha kecil dan menengah. Alibaba.com adalah induk dari grupnya, yaitu berbagai perusahaan e-commerce lain yang ada dibawah naungannya, antara lain : taobao.com , tmall.com , juhuasuan.com , aliexpress.com , 1688.com , alimama.com , alibaba cloud (aliyun.com) , antifinancial service group , caniao network , alizila.com , alipay dan masih banyak perusahaan lain yang bernaung di bawah alibaba group ini.

Apa Bedanya Alibaba dan Ali Express ?

Diatas adalah satu pertanyaan yang sering terlontar dari buyer sebelum membeli barang dari Alibaba.com. Walaupun di dalam grupnya terdapat perusahaan e-commerce lainnya, mungkin yang familier adalah kedua nama tersebut, karena memiliki kemiripan nama.

Berikut beberapa perbedaan pokok antara Alibaba.Com dan Aliexpress.com :

  1. Di alibaba mayoritas penjual adalah supplier besar atau pabrikan, dimana mereka hanya menjual dengan quantity besar, jadi jika kita ingin membeli ada minimal quantitynya. Sedangkan penjual di aliexpress.com adalah penjual skala retail (eceran).
  2. Di Alibaba.com transaksi tidak bisa dilakukan langsung melalui web nya. Untuk melakukan transaksi kita harus menghubungi terlebih dahulu penjualnya dan kemudian transaksi bisa dilakukan diluar sistem Alibaba.com. Sedangkan di aliexpress.com, kita bisa langsung melakukan pembelian dan pembayaran melalui web aliexpress.com.
  3. Di alibaba minimum order quantity biasanya cenderung besar (grosiran) sedangkan di aliexpress.com tidak ada minimum order quantity, jadi beli 1 pcs pun boleh.
  4. Pembayaran di Alibaba bisa menggunakan berbagai cara seperti transfer antar bank (telegraphic transfer / TT), Paypal, Down Payment (uang muka), Documentary Collection, atau dengan Letter of Credit (LC) karena transaksi bisa dilakukan diluar sistem alibaba, Sedangkan pembayaran di aliexpress.com harus menggunakan metode yang telah disediakan dalam sistem web nya, seperti alipay, doku, dll.

Produk Apa Saja Yang ada di Alibaba.com ?

Di Alibaba.com kita bisa menemukan berbagai macam produk untuk berbagai keperluan, baik untuk di konsumsi langsung seperti pakaian, kosmetik, makanan, mainan, dll. Atau produk untuk bahan baku industri seperti bahan kimia, mesin produksi, dll.

Cara Pembayaran di Alibaba.com

Seperti penjelasan singkat yang sudah ditulis diatas, cara pembayaran yang kita gunakan dalam pembelian barang di Alibaba.com bisa bermacam – macam. Berikut penjelasan untuk masing – masing cara pembayaran yang bisa digunakan :

  1. Pembayaran dengan cara transfer bank (T/T) di awal secara keseluruhan (full payment). Dengan cara pembayaran ini kita harus mentransfer sejumlah uang langsung ke rekening bank penjual sesuai dengan harga yang di sepakati.
  2. Pembayaran dengan cara uang muka (down payment) terlebih dahulu. Dengan cara ini kita akan mentransfer terlebih dahulu sebagian uang langsung ke rekening bank penjual, dan sebagian lagi setelah barang dikirimkan atau setelah barang kita terima.
  3. Pembayaran dengan Letter of Credit (LC). Dengan cara ini kita sebagai pembeli akan memberikan syarat – syarat tertentu yang harus di penuhi oleh penjual. Syarat – syarat tersebut akan dituangkan dalam sebuah dokumen yang dinamakan Letter of Credit atau populer disebut LC. Yang menerbitkan LC adalah pihak Bank di negara kita (pembeli) dan LC tersebut akan diteruskan kepada penjual oleh Bank di negara penjual. Setelah syarat – syarat tersebut bisa dipenuhi oleh penjual, barulah penjual bisa menerima uangnya.

Artikel terkait :

Panduan praktis Cara Belanja di Alibaba (Step by Step)

Buat akun di Alibaba.com terlebih dahulu

Dengan mempunyai akun di Alibaba anda bisa meng explore lebih banyak menu – menu atau fasilitas yang ada di website Alibaba. Cara membuat akun sangat gampang, tinggal klik tombol sign up yang ada di pojok kanan atas.

Cara Mendaftar di Alibaba.com
Sign Up di Alibaba.com

Setelah itu kita harus mengisikan alamat email seperti  berikut ini :

Mendaftar member di Alibaba
Mengisikan alamat email Sign Up Alibaba.com

Setelah itu Alibaba secara otomatis akan mengirimkan link konfirmasi ke alamat email yang kita daftarkan tersebut. Kita buka email tersebut dan klik link konfirmasinya.

Email Verification Alibaba.com
E-Mail Verifikasi Pendaftaran dari Alibaba.com

Setelah itu kita akan dibawa ke halaman baru, dimana kita harus melengkapi data – data membership seperti berikut :

Data registrasi Alibaba.com
Pengisian data tambahan member Alibaba.com

Jika kita telah mengisikan data – data tersebut secara benar maka kita akan dibawa ke halaman baru yang menandakan bahwa pendaftaran kita telah berhasil seperti berikut :

Pendaftaran Alibaba Berhasil
Konfirmasi pendaftaran member Alibaba.com telah berhasil

Done ! Kita sudah menjadi member Alibaba.com dan bisa menggunakan fitur – fitur yang ada di dalamnya.

Mencari produk berdasarkan kategori

Langkah selanjutnya adalah kita akan mencari produk yang akan di beli dan menyeleksi supplier. Sedikit gambaran bahwa seller di Alibaba.com sebenarnya tidak hanya berasal dari negara China, namun memang sampai saat ini mayoritas seller / supplier masih di dominasi perusahaan – perusahaan dari China.

Untuk mencari produk yang kita inginkan bisa melalui menu kategori produk, jika kita lihat di home page Alibaba, menu tersebut berada di sebelah samping kiri seperti berikut :

Mencari produk di Kategori produk Alibaba.com atau search box
Pencarian produk dan Supplier di Alibaba.com

Selain melalui menu kategori, kita juga bisa langsung mengetikkan “keyword” produk pada search box di bagian tengah atas.

Contoh case, misal kita akan mencari produk Helm Full Face. Kita coba langsung ketikkan “full face helmet” di search box, lalu akan muncul page seperti berikut :

Full face helmet product alibaba.com
Hasil pencarian “full face helmet” di Search Box Alibaba.com

Disitu kita lihat banyak sekali produk dan supplier yang menjual helm full face. Dari sekian banyak supplier tersebut kita akan coba untuk menyeleksinya.

Biasanya Alibaba merekomendasikan supplier dengan status “Gold Supplier” di bagian atas hasil pencarian, artinya penjual tersebut sudah mempunyai reputasi yang baik dan sudah lama eksis.

Selanjutnya kita coba memilih salah satu seller dengan status “Gold Supplier” seperti berikut :

Seleksi supplier helmet full face alibaba.com 1
Salah satu halaman profil “Gold Supplier” untuk produk helm full face

Pada halaman tersebut kita bisa melihat informasi – informasi detil lain terkait dengan supplier, antara lain :

  • Photo produk beserta spesifikasinya
  • Company profile beserta dokumentasi perusahaan (video & photo)
  • Kapasitas produksi
  • Kapasitas perdagangan (Export & Lokal)
  • Harga produk. Note : Untuk harga biasanya kebijakan masing – masing supplier berbeda, ada yang mencantumkan, ada pula yang tidak. Jika seller tidak mencantumkan harga kita bisa minta penawaran harga dengan mengklik tombol “Get latest price
  • Cara pembayaran yang diterima seller (Term of payment)
  • Cara pengapalan barang dan ongkos untuk pengapalan (ongkir). Note : Untuk perdagangan dalam jumlah besar (grosiran) biasanya kita akan menggunakan angkutan laut dengan alasan karena lebih ekonomis. Untuk mengetahui berapa ongkos pengapalannya kita bisa langsung klik tombol “Get shipping quote”, dan selanjutnya ada parameter – parameter yang harus kita isi seperti berikut :
Ocean Shipping Quotation from alibaba.com
Request Shipping quotation berdasarkan produk yang akan kita beli di Alibaba.com

Minta penawaran ke seller / supplier

Langkah selanjutnya adalah kita meminta penawaran (quotation) secara lengkap kepada seller mengenai produk yang akan kita beli. Salah satu caranya adalah melalui contact form di halaman company profile seperti berikut :

Request quotation kepada seller di Alibaba.com
Request quotation kepada seller di Alibaba.com

Di dalam pesan tersebut juga bisa kita cantumkan alamat e-mail dan no contact kita (telp & whatsapp) agar seller bisa secara langsung dan cepat mengirimkan surat penawarannya.

Negosiasi dengan seller

Setelah kita menerima surat penawaran dari seller, jika dirasa ada hal – hal yang kurang jelas atau tidak cocok dengan keinginan, kita bisa melakukan negosiasi. Misal soal harga, term pengapalan barang (FOB, CFR, atau CIF). Negosiasi bisa dilakukan secara online via telephone, e-mail, whatsapp (atau messenger lain). Selain via online, jika berkesempatan kita juga bisa langsung visit ke pabrik / kantor seller tersebut.

Pembayaran (Term of payment)

Seperti telah disebutkan diatas untuk cara pembayaran yang diterima seller biasanya sudah tercantum pada halaman profil / produknya seperti berikut :

Payment system alibaba.com
Cara pembayaran kepada seller di Alibaba.com

Kita bisa memilih salah satu pembayaran yang diterima oleh seller tersebut.

Tips : Bagi pembeli biasanya cara pembayaran yang paling menguntungkan adalah transfer setelah barang diterima :D. Tapi tentunya tidak semua seller mau menggunakan sistem tersebut, apalagi jika tingkat kepercayaan kepada kita masih rendah (1st time order).

Untuk itu mungkin perlu di negosiasikan kembali mengenai cara pembayaran yang visible untuk kedua belah pihak, misal menggunakan sistem down payment atau Letter of Credit (LC).

Shipment (Pengapalan Barang)

Langkah selanjutnya setelah kita cocok dengan spesifikasi produk, sepakat dengan sistem pembayarannya, dan lain-lain, tiba saatnya kita akan mengapalkan barang ke Indonesia. Ada beberapa hal penting yang harus kita ketahui terlebih dahulu sebelum megapalkan barang ke Indonesia :

Note : HS Code biasanya bisa kita minta kepada seller, namun untuk memastikan lagi HS Code tersebut sesuai dengan aturan bea cukai di Indonesia atau tidak, kita bisa meminta bantuan perusahaan ekspedisi / freight forwarder yang mengurusi pengapalannya.

Dalam proses pengapalan barang tersebut biasanya kita akan memerlukan jasa pihak ke tiga yaitu ekspedisi, atau populer disebut dengan jasa freight forwarder. Jangan khawatir biasanya seller akan membantu kita dalam memilihkan jasa freight forwarder. Selanjutnya freight forwarder tersebut akan membantu dalam hal : Pemilihan schedule kapal, pengangkutan container mulai dari lokasi seller sampai ke Indonesia (menggunakan beberapa moda transport seperti truck, kapal laut, dll), melakukan proses customs clearance di bea cukai (customs) di masing – masing negara, melakukan proses bongkar muat barang dan storage di gudang pelabuhan, dan aktivitas lain yang berkaitan.

Tracking & Monitoring Shipment

Langkah selanjutnya jika barang sudah dikapalkan menuju Indonesia, kita bisa terus memantau perjalanannya via tracking system pada website pelayaran atau freight forwarder yang kita gunakan, dengan memasukkan no container atau no Bill of Lading (dokumen pengapalan).

Demikian langkah – langkah atau panduan secara umum cara belanja di Alibaba. Mungkin pada prakteknya akan ada perbedaan atau penyimpangan kondisi, karena dalam bisnis ekspor – impor segala sesuatunya bersifat dinamis. Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami melalui halaman berikut : Contact Us

Sudah tidak sabar untuk berbelanja barang di Alibaba.Com ? Silahkan langsung menuju halaman Alibaba berikut ini :

 

Kursus Ekspor Impor Online